Selasa, 29 November 2011

Pendakian Gunung Guntur

Tanggal 22 Agustus 2011, sebelum bulan Ramdhan kita biasa mendaki gunung, pendakian sekarang kita pusatkan ke gunung Guntur.
Gunung Guntur merupakan salah satu gunung berapi aktif yang berada di wilayah Garut, Jawa Barat. Tidak seperti gunung-gunung lainnya, Gunung Guntur terlihat gundul dan gersang tetapi jika kita mendaki nya sebagian besar area ditumbuhi oleh rerumputan yang cukup tinggi.

Gunung ini tidak berdiri sendiri, tetapi terdiri dari beberapa gunung dengan rangkaian puncak yang berbeda atau disebut sebagai Komplek Gunung Guntur. Puncak gunung yang berada pada komplek pegunungan ini sebagian diantaranya adalah Gunung Guntur, Gunung Parupuyan dan Gunung Masigit.
Gunung Guntur memang tidak terlalu tinggi namun untuk mendaki nya memerlukan ketahanan fisik yang extra serta waktu yang panjang untuk dapat menjelajah hingga ke puncak tertinggi, hal ini di karenakan medan pendakian yang terjal dengan jalur pijakan yang di tutupi longsoran batu kerikil. Medan seperti ini cukup berbahaya, anda sebaiknya tidak mengikuti jalur longsoran sebagai pijakan tetapi melalui rumput-rumput di samping longsoran agar tidak jatuh terperosok.

Terdapat dua jalan yang umum digunakan para pendaki untuk mencapai Gunung Guntur yaitu dari Kampung Dukuh (Citiis) atau dari Cipanas, kedua jalan masuk tersebut selanjutnya akan bertemu di Curug Citiis. Jika anda menggunakan bis dari Bandung, jalan yang lebih mudah adalah melalui Kampung Dukuh karena bisa langsung turun tepat di depan jalan masuk ke Kampung Dukuh tanpa harus menggunakan kendaraan umum lainnya.

 Awal pendakian 1
 Awal pendakian 2
 Awal pendakian 3
 Awal pendakian 4
Awal pendakian 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar